Sabtu, 13 Februari 2021

MENGOBATI PENYAKIT KUMIS KERITING, MONCONG PUTIH, KEMBUNG PADA LELE

Assalamu’alaikum sahabat tani...

Salam Tani!!!

"Karena lele saya kena komplikasi saya juga nyampur obatnya. Di sini saya pake herbal dan kimia. Karena kalau pake herbal aja itu sembuhnya lama, dan saya nggak pengen liat kematian massal lagi. Kalau diitung udah 20% yang mati."

Kali ini saya mau sharing ilmu lagi tentang budidaya lele. Sebelum saya sharing, saya mau curhat sedikit ya...

Awal tahun ini, saya tebar benih ukuran 4x6. Pada tebar kali ini sungguh luar biasa. Banyak hal baru yang jadi masalah sampai udah nggak pengen nernak lele lagi. Pandemi ini benih sulit banget ditemuin, dan akhirnya kami beli di pasar yang entah itu sortiran ke berapa, nggak tahu. Pikiran kami cuma yang penting kolamnya diisi daripada buat sarang nyamuk. Kami beli siang-siang, memang jarak pasar ke rumah itu nggak jauh, jadi siang pas terik itu langsung saja ditebar di kolam. Dan sorenya diguyur hujan. Keesokan harinya, saya lihat masih ok ok aja ikannya, makannya masih lahap, walaupun udah ada beberapa yang upacar. Hari ke-2 sebagian besar lele upacara semua, dan yang mati beberapa. Dan hari ke-3, udah pada berdiri semua dan nggak doyan makan, dan sedihnya ada kematian massal lele. Saya amati mayat lelenya pada nggak punya kumis, kumisnya keriting, nggak berlendir, ada bercak putih di badan dan di moncong, dan lelenya pucet banget, dan hari selanjutnya kematian massal terjadi lagi, dan lelenya udah pada kayak mau mati semua, badannya banyak yang putih, upacara semua, ada yang kembung, nggak doyan makan, komplikasi nih.

Hari itu saya bingung banget, cari referensi malah tambah bingung. Setiap pembudidaya punya caranya masing-masing. Nah tapi intinya, kolam itu nggak steril dan cuaca lagi ekstrim. Kolam nggak steril itu memang kesalahan saya sendiri, biasanya saya nggak pernah campur air kolam lama dengan air kolam yang belum jadi, saya mikirnya biar cepet jadi, tapi malah ini jadi bumerang buat saya sendiri. Sebenernya nggak masalah mencampur air kolam yang baru dengan yang udah jadi, tapi masalahnya, saya menggunakan air kolam jadi yang saya campurkan itu adalah air kolam yang ada isi lelenya siap panen. Seharusnya air kolam yang nggak ada isinya, dan mungkin juga saya kurang bersih gosok-gosok kolamnya. Banyak faktor ya sahabat.... dan bisa jadi juga benih lelenya itu nggak sehat dari sananya atau dia rentan banget kena penyakit.

Ini pengalaman saya yang pertama, tapi nggak masalah, ilmu saya jadi nambah. Dan alhamdulillah, biidznillah lelenya sekarang sebagian besar udah lincah, ada beberapa yang mati, satu atau dua setelah pengobatan, dan beberapa ada yang upacara. Dan makin hari lele sehat-sehat dan alhamdulillah nggak ada yang mati. Mungkin tips ini bisa jadi solusi buat sahabat pemula.

Karena lele saya kena komplikasi saya juga nyampur obatnya. Di sini saya pake herbal dan kimia. Karena kalau pake herbal aja itu sembuhnya lama, dan saya nggak pengen liat kematian massal lagi. Kalau diitung udah 20% yang mati.

Saya coba ke toko cari antibiotik khusus buat ikan, ada satu merek, tapi saya nggak beli itu, karena saya dapat info produk itu nggak efektif. Ya sudahlah akhirnya saya pake obat manusia aja, mereknya super tetra, ini nggak sembarang apotik jual ya, karena harus pake resep dokter. Lalu saya beli tolak angin, vitamin c. Untuk herbal saya menggunakan temulawak, kunyit, daun sirih, daun jambu, daun pepaya, kencur, kayu manis, bawang putih, merica. Untuk herbalnya 👉 klik di sini

🐟Pengobatan kimia dengan super tetra saya lakukan di sore hari, cuma sekali aja pengaplikasiannya. Saya mengambil bagian tengah yang warnanya kuning itu, separuh aja. Dicampur dengan air kira-kira 2 gayung. Langsung saya tebar merata ke kolam. Ikan dipuasakan ya sahabat minimal sehari semalam.

🐟Untuk pengobatan herbal, saya menggunakan 100 mL jamu herbal tersebut dan dicampurkan dengan 2 gayung air bersih lalu ditebar merata ke kolam. Pengaplikasiannya bisa 3-4 kali sehari.

🐟Menu buka puasa untuk lele adalah pakan yang dibibis dengan tolak angin. Mungkin ini sedikit aneh ya buat sahabat, tapi trik ini aduhai sekali manfaatnya, sahabat boleh banget buat cobain.

🐟Setelah satu saset tolak angin habis ada baiknya sahabat membibis pakan dengan menggunakan vit c yang dicampur air. Ini sekali aja ya, saya menggunakan 1 tablet vit c 50 mg untuk lele 300an ekor.

🐟Setelah perlakuan di atas, sahabat bisa membibis pakan menggunakan probiotik rabal.

 

Nah selesai sudah sharing saya kali ini, semoga bermanfaat ya buat sahabat semua.

Salam Tani!!!!

 

Wassalamu’alaikum.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar