Selasa, 03 Maret 2020

JANGAN SIRAM TANAMAN SIANG HARI! MITOS ATAU FAKTA?


Halo teman-teman, Salam Tani^_^!!! Pernahkah teman-teman mendengar larangan menyiram tanaman pada siang hari? Katanya menyiram tanaman di siang hari dapat menyebabkan kematian pada tanaman, begitulah informasi yang beredar di masyarakat. Tapi, waktu Kak Tani masih sekolah di universitas, salah satu dosen Kak Tani membantahnya. Nah, karena saking penasarannya kali ini Kak Tani akan melakukan percobaan untuk mengetahui kebenarannya. Semangat Kakak.....!!!!


Percobaan ini menggunakan dua tanaman yaitu tanaman bayam (Amaranthus spp) dan moss rose (Portulaca grandiflora) yang ditanam pada pot yang berbeda. Kedua tanaman tersebut disiram pada pukul 13.00 WIB, dan suhu udara 32°C. Kak Tani akan melihat reaksi tanaman tersebut pada setiap jammnya, apakah benar kedua tanaman tersebut akan layu dan kemudian mati? Berikut pengamatannya....

Pukul 13.00 WIB (Sebelum Penyiraman) Kondisi tanah kering, tanaman bayam tidak segar
Pukul 14.00 WIB Kondisi tanah basah, tanaman bayam menjadi segar
Pukul 15.00 WIB Kondisi tanah basah, tanaman bayam menjadi segar
Pukul 16.00 WIB Kondisi tanah basah, tanaman bayam menjadi segar









Data pengamatan menunjukkan bahwa tanaman lebih segar setelah dilakukan penyiraman. Oleh karena itu, Kak Tani bisa ambil kesimpulan kalau pernyataan yang selama ini beredar di masyarakat "tanaman akan mati bila disiram di siang hari" adalah MITOS. Kenyataannya tanaman malah bertambah segar dibanding sebelum disiram. Jadi jika teman-teman ingin menyiram tanaman di siang hari itu tidaklah mengapa ya^_^. Tapi perlu diingat ya teman-teman, jika kalian menyiram tanaman di siang hari akan lebih baik jika tanaman tersebut kemudian ditempatkan di bawah naungan ya. Karena di siang hari itu ada yang namanya evapotranspirasi. Kalian masih ingat bukan apa itu evapotranspirasi? jika kalian lupa, bisa di cek ya artikel Kak Tani yang membahas Dinamika Air. Jika kalian menyiram tanaman di siang hari, air dapat terbuang percuma karena adanya efek tersebut. Dan usaha kalian meyiram tanaman itu sia-sia saja :(.


Nah, sudah selesai percobaan Kak Tani kali ini, semoga percobaan dan ulasan yang sedikit ini menambah pengetahuan bagi temen-temen semua. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar ya!

Salam Tani!!! ^_^







Tidak ada komentar:

Posting Komentar