Sabtu, 07 Maret 2020

TEKNIK MEMUPUK


Halo teman-teman^_^
Salam Tani!

Apakah teman-teman pernah melakukan pemupukan atau melihat cara memupuk? Jika pernah bagaimana teknik yang dilakukan?
Kali ini Kak Tani akan berbagi ilmu tentang berbagai teknik pemupukan, ada 6 teknik yang biasa diaplikasikan.
1.      Penyebaran

(sumber : kampustani.com)

Teknik ini adalah yang paling sedehana dan paling mudah, temen-temen cukup menyebarkan pupuk di atas permukaan tanah. Teknik ini biasa digunakan oleh Pak Tani di sawah untuk memupuk tanaman padi mereka. Teman-teman pasti pernah lihat kan?

Teknik ini digunakan jika:
  1. populasi tanaman cukup tinggi karena jarak tanam yang rapat
  2. sistem perakaran yang menyebar di dekat permukaan tanah
  3. volume pupuk yang digunakan banyak
  4. tingkat kesuburan tanah yang baik


2.      Memutari Tanaman

(sumber : 8villages.com)

Teknik pemupukan dilakukan dengan cara pupuk dibenamkan secara melingkar di sekeliling tanaman sejauh tajuk terluar. Sebelumnya, agar lebih mudah dibuat terlebih dahulu parit kecil yang memutari tanaman. Teknik ini biasa digunakan untuk tanaman tahunan.

3.      Spot Placement

(sumber : 8villages.com)

Pupuk dibenamkan pada lubang di sebelah kanan dan kiri tanaman, umumnya selebar 10 cm dan sedalam 10 cm. Biasanya teknik ini digunakan di tegalan jika jarak tanam lebar, dan volume akar tanaman sedikit dan tdak menyebar.

4.      Fertigasi

(sumber : pertanianku.com)

Teknik pemupukan ini dilakukan bersamaan dengan proses penyiraman. Teknik ini tidak hanya bisa diterapkan pada sistem konvensional, tapi bisa teman-teman terapkan untuk sistem hidroponik. Dengan menggunakan teknik ini, teman-teman dapat meningkatkan efisiensi penggunaan unsur hara, dan mengurangi kehilangan unsur hara. 

5.      Injeksi

(sumber : unsurtani.com)

Teknik pemupukan ini dilakukan dengan cara menyuntikkan larutan pupuk ke batang tanaman. Biasanya teknik ini digunakan saat musim kemarau. Kelebihan dari teknik ini yaitu memberikan efek langsung ke daun tanaman, sedangkan kekurangannya yaitu terganggunya kesehatan pada tanaman, rentan patogen dan hama.

6.      Foliar Application

(sumber : 8villages.com)

Pemupukan dilakukan dengan cara menyemprotkan pupuk cair pada permukaan daun. Teknik ini bertujuan untuk melengkapi pemberian pupuk melalui tanaman. jika teman-teman ingin mengaplikasikan teknik ini, teman-teman perlu memperhatikan hal-hal berikut:
  1. kepekatan/konsentrasi larutan pupuk harus rendah
  2. tegangan muka larutan pupuk harus rendah
  3. kadar biuret pada urea harus kurang dari 2%
  4. kondisi cuaca mendukung

Nah, dari keenam teknik yang Kak Tani sebutkan, dapat dikelompokkan lagi berdasarkan pupuk yang digunakan. Jika teman-teman menggunakan pupuk padat, hendaknya dilakukan pemupukan dengan teknik penyebaran, memutari tanaman, atau spot placement. Sedangkan bila teman-teman menggunakan pupuk cair gunakanlah teknik fertigasi, injeksi, atau foliar application. Semoga tulisan Kak Tani menambah ilmu untuk teman-teman. 

Salam tani!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar