Kamis, 01 Oktober 2020

Azolla michropylla PAKAN TAMBAHAN KAYA MANFAAT UNTUK SI KUMIS

 Salam Tani, ☺

 


Kali ini saya akan mengulas sedikit tentang si mini Azolla michropylla. Tumbuhan air satu ini, biasa ditemui di areal persawahan lho sahabat. Tanaman ini kaya manfaat, selain untuk pupuk juga dapat digunakan sebagai pakan alternatif untuk si kumis. Untuk sahabat yang membudidayakan atau baru berencana membudidayakan ikan, cocok banget nih gunakan pakan ini, jadi mengurangi asupan uang untuk beli pellet lele.

Lalu, apasih keistimewaan dari Azolla ini?

Azolla michropylla, merupakan tanaman yang berkadar protein tinggi. Tanaman yang berasal dari genus Azollaceae ini, memiliki ragam manfaat. Selain digunakan untuk pakan ikan, juga digunakan untuk pakan unggas, dan pupuk hjau. Azolla michropylla mampu bersimbiosis dengan bakteri biru-hijau Anabaena azolae.

Azolla michropylla mengandung protein yang cukup tinggi. Asam amino esensialnya tercatat sebanyak 0,42%. Dengan menggunakan pakan tambahan ini, sahabat tidak perlu pusing lagi dalam pemenuhan asam amino untuk si kumis. Pasalnya, pertumbuhan dan perkembangan ikan lele sangat bergantung dengan pemenuhan asam amino. Jadi dengan menggunankan Azolla michropylla laju pertumbuhan lele akan bagus ya sahabat.


Cara membudidayakan Azolla michropylla?

Mudah banget sahabat, dengan menggunakan air kolam saja, Azolla michropylla dapat tumbuh subur. Atau sahabat bisa menambahkan pupuk NPK pada kolam budidaya Azolla michropylla.


Pertumbuhan Azolla cepat atau lambat?

Jika sahabat ingin membudidayakan Azolla michropylla, tenang, tanaman mini ini dapat tumbuh dengan laju pertumbuhan 35% setiap harinya. Jadi tak perlu khawatir nunggu kelamaan 😁. Untuk satu meter kubik kolam, dapat menghasilkan 3 hingga 5 kg, lho sahabat. Jadi kalu dihitung-hitung, jika sahabat memiliki kolam berukuran 5X7 m, Azolla michropylla yang dihasilkan dapat digunakan untuk 1000 ekor lele dari benih hingga panen.


Bagaimana pemberian Azolla michropylla untuk pakan si kumis?

Azolla michropylla dapat ditebarkan langsung ke kolam atau di keringkan dahulu.

 

Wah si mini yang kaya manfaat ya ....

Saya punya semboyan baru nih,

Azolla michropylla tanaman mini kaya manfaat!!!!”

 

Semoga tulisan mini yang saya buat bermanfaat ya sahabat...

Salam Tani ☺

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar