Rabu, 14 Oktober 2020

MUDAHNYA MEMBUAT PESTISIDA NABATI PEMBASMI KUTU

Salam Tani, ☺

Hallo sahabat, jumpa lagi dengan tulisan saya. πŸ‘Œ Kali ini saya akan membagikan tips lagi nih. Tips yang lagi-lagi sangat mudah untuk dilakukan mandiri dengan bahan di sekitar, karena di musim pandemi seperti ini kita tentunya perlu mengurangi untuk keluar rumah ya sahabat.

Nah tips yang satu ini adalah membuat pestisida untuk membasmi kutu yang membandel, eh kayak noda di baju aja ya, wkwk...πŸ˜‚ Pada tulisan saya sebelumnya, saya sudah membahas tentang pestisida nabati kulit bawang. Nah selain dengan pestisida kulit bawang, sahabat juga bisa mengatasi si kutu dengan tips kali ini ya....

Mencegah kehadiran si kutu

Kutu adalah salah satu hama yang menurut saya sangat merepotkanπŸ˜•, karena si kutu ini mudah banget buat berkembang biak, apalagi di musim kemarau. Kalau tanaman sudah terserang maka akan menimbulkan dampak serius jika tidak diatasi segera. Kutu dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Untuk mencegah si kutu hadir dalam areal pertanaman, kita bisa menanam ki pahit, kenikir, serai, ataupun bawang. Selain itu sahabat juga bisa menanam tanaman bunga ya, atau yang biasa disebut refugia. Kehadiran lady bug sangat efektif loh untuk membasmi si kutu ini, karena kumbang ini adalah predator alami bagi si kutu.

Penanganan Serangan Ringan

Jika tanaman sahabat sudah terserang si kutu yang tergolong dalam serangan ringan. Sahabat bisa menggunakan resep berikut ini. 

Siapkan sabun cair pencuci piring kira-kira 1 sendok makan. Saya biasa menggunakan sabun cair pencuci piring yang bisa dipakai juga untuk mencuci buah dan sayur. Cairkan sabun tersebut dengan 2 L air bersih. Masukkan ke dalam botol spray, dan semprotkan secara merata ke seluruh bagian daun yang terserang pada sore hari ya sahabat. Lakukan penyemprotan ini rutin selama 4 hari berturut-turut. Biasanya pada hari ke-4 si kutu sudah habisπŸ‘Œ.

Penanganan Serangan Sedang

Nah, gimana kalau si kutu sudah menyerang lebih serius? Dalam kasus serangan sedang sahabat bisa menggunakan resep pestisida nabati dari tanaman yang bisa ditemukan di sekitar kita atau mungkin sahabat malah nanam tanaman ini. Lalu tanaman apa? Hmmm... jawabannya adalah tanaman tomat. Pestisida ini terbuat dari daun tomat.

Nah begini cara membuatnya:

  1. Persiapkan dahulu 1 kg daun tomat, 1 sendok makan sabun cair pencuci piring, dan 2 L air bersih.
  2. Didihkan 2 L air bersih, lalu masukkan daun tomat. Rebus selama 30 menit sambil diaduk-aduk. Setelah mendidih matikan api, dan diamkan hingga 6 jam lamanya.
  3. Saring rebusan tadi, kemudian tambahkan 1 sdm sabun cair pencuci piring.
  4. Masukkan dalam botol spray. Pestisida nabati sudah siap digunakan.
  5. Sahabat bisa menyemprotkan pestisida ini dua hari sekali saat sore hari.

Penanganan Serangan Berat

Lalu bagaimana jika si kutu sudah terlanjur parah menyerang tanaman? Bagaimana solusinya? 😟

Nah kalau untuk kasus ini, sahabat tidak perlu khawatir, memang serangan yang berat sulit diatasi bahkan ada yang tidak bisa diatasi. Tapi, jangan putus asa dulu, kita bisa mengusahakan cara terbaik untuk mengatasinya.😏

Resep ini adalah resep pestisida nabati. Bahan-bahan yang perlu sahabat persiapkan adalah

  • 50 lembar daun sirsak
  • 1 L air bersih
  • 1 sdm sabun cair pencuci piring

Yuk kita meramu resepnya!

  1. Yang pertama, sahabat harus menghaluskan daun sirsak tersebut. Bisa dengan blender ya.
  2. Masukkan ke dalam wadah dan campurkan dengan air bersih 1 L.
  3. Diamkan selama satu malam.

Nah, jika sahabat akan mengaplikasikannya ke tanaman, sahabat perlu menyaring air rendaman tersebut. Kemudian encerkan dengan air bersih, dengan perbandingan 1:5 (1 L rendaman dengan 5 L air bersih). Jangan lupa tambahkan 1 sdm sabun cair pencuci piring. Masukkan ke dalam botol spray, dan pestisida nabati siap digunakan. Semprotkan secara berkala ya sahabat pada sore hari. Selain dengan menggunakan resep ini, sahabat juga bisa menggunakan kacang babi ya, resepnya πŸ‘‰ lihat di sini.

Wah banyak juga ya resep pestisida untuk basmi si kutu. Semoga si kutu musnah ya, hhee...😌 

Demikianlah sudah, akhir pembahasan ini. Saya sudah pegel ngetik dan sahabat sudah capek baca juga kan? Nah sekarang tinggal praktekin aja ya, semoga resep ini manjur dan si kutu menghilang. Amiin ....

 

Semoga bermanfaat,

Salam Tani☺

Tidak ada komentar:

Posting Komentar