Kamis, 01 Oktober 2020

MEMBUAT PUPUK ORGANIK CAIR LIMBAH RUMAH TANGGA (MOL KULIT PISANG)

 Salam,

Jumpa lagi sahabat tani...☺

(sumber gambar : harapan rakyat.com)

Kali ini saya akan membagikan resep sederhana MOL dari kulit pisang. MOL ini sangat bermanfaat ya sahabat untuk tanaman sahabat. Kandungan kulit pisang ini banyak sekali, yaitu air, karbohidrat, lemak, protein, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B dan C. Wah, rasanya rugi ya kalau bahan dengan kandungan sebanyak ini kita buang percuma. Lebih baik diolah menjadi MOL bukan?

Seperti yang sudah saya tulis, dalam membuat MOL kita memerlukan 3 bahan utama, yaitu sumber karbohidrat, glukosa, dan mikroorganisme. Jadi dalam membuat MOL ini bahan-bahan yang perlu sahabat persiapkan yaitu:

  1. Sumber karbohidrat : kulit pisang (2 buah), air leri/cucian beras (400 mL) 
  2. Sumber glukosa : larutan gula jawa (kurang lebih 50 gr gula jawa yang dilarutkan)
  3. Sumber mikroorganisme : EM4 untuk pertanian (takarannya satu tutup botol)

Alat yang perlu sahabat persiapkan adalah botol/wadah seukuran 500 mL, lebih besar lebih baik.

Yuk, kita racik....

Pertama potong kecil-kecil kulit pisang atau sahabat bisa memblender kulit pisang ini sampai halus. Setelah itu, langsung masukkan ke dalam wadah. Masukkan bahan lainnya secara bergantian. Sahabat bebas memilih bahan mana yang dimasukkan terlebih dahulu. Setelah semua bahan dimasukkan, kocok sampai merata, lalu tutup rapat.

Nah, mudah bukan?


TIPS

Oh iya, jangan lupa setiap hari tutup wadah dibuka untuk mengeluarkan gas yang timbul akibat proses fermentasi ini. Kalau wadah sahabat berukuran besar, tidak musti setiap hari wadah dibuka. Tapi kalau menggunakan wadah yang berukuran 500 mL harus dibuka tiap hari ya, agar tidak meledak. Dan simpan wadah di tempat teduh yang terhindar dari sinar matahari langsung....


Kapan MOL kulit pisang jadi?

MOL akan jadi sekiranya 2 pekan setelah pembuatan. Jika sahabat sudah mencium aroma wangi seperti tape berarti MOL sudah jadi. selain itu ada endapan ya. MOL ini dapat disimpan beberapa bulan untuk persediaan.


 

Apakah harus memakai EM4?

Jika sahabat tidak memilikinya, sahabat bisa menggunakan yakult, atau sumber mikroorganisme lain : nasi basi, ragi tape, dan lainnya.

 

Selamat mencoba ya sahabat tani,

Semoga bermanfaat....

 

Salam Tani ☺

Tidak ada komentar:

Posting Komentar