Minggu, 04 Oktober 2020

REFUGIA, SI CANTIK PENUH MANFAAT

 Salam Tani, ☺

Halo sahabat tani, gimana kabar sahabat? Semoga Tuhan senantiasa melindungi kita semua di musim pandemi ini ya....

Apakah sahabat pernah melihat secara langsung atau dari foto tentang areal pertanaman budidaya yang di sekitarnya ditanami juga bunga-bungaan? Cantik bukan? tampak sangat asri.  Itulah yang namanya refugia ya sahabat. Jadi secara ringkasnya, refugia adalah tanaman bunga yang sengaja ditanam di sekitar lahan budidaya. Dengan menggunakan refugia ini, lahan akan lebih efisien dalam upaya peningkatan produksi pertanian.

Refugia ini tidak hanya menambah asrinya lahan budidaya lho, ada beberapa manfaat penting lainnya.🌷🌷🌷 Penanaman refugia ini pada dasarnya adalah cara alternatif dalam mengelola OPT (Organisme Pengganggu Tanaman), yang ramah lingkungan pastinya. Tanaman bunga menyediakan tempat perlindungan, sumber pakan atau sumberdaya yang lain bagi musuh alami, seperti predator dan parasitoid. Refugia menjadi rumah bagi musuh alami dan bunga-bunga yang mekar menghasilkan sumber makanan bagi serangga penyerbuk. Jadi ekosistem tetap terjaga dengan seimbang dan musuh alami tetap lestari. Selain itu, refugia juga membantu menjaga kelembapan tanah di sekitar lho, sahabat. Rimbunnya refugia dapat mengurangi evaporasi. Apa itu evaporasi? Cek πŸ‘‰di sini ya. Nah, itulah beberapa fungsi dari refugia, ya sahabat.

Betulkan kalau refugia itu selain cantik juga sangat bermanfaat. Jadi tunggu apalagi, yuk tanam tanaman berbunga di sekitar areal pertanaman kita.

Lalu, apa saja tanaman bunga yang bisa ditanam di sekitar lahan budidaya kita? Yuk simak!!!🌻

Bunga matahari


Krokot


Bunga Cosmos



Bunga kertas


Morning glory


Selain tanaman di atas, sahabat boleh menggunakan tanaman bunga yang lain ya, seperti jengger ayam, jengger ayam kipas, dan lainnya.


Demikian ulasan yang singkat ini, semoga bermanfaat... Selamat menanam refugia sahabat....🌸🌷🌹🌻🌺 

Salam Tani ☺

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar